LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGURUS RT …… / RW ……
MASA BAKTI …… – ……

Disampaikan pada:
Musyawarah Warga RT …… / RW ……
Tanggal: ……………………………


I. Pendahuluan

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus RT ini disusun sebagai bentuk transparansi, akuntabilitas, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas Pengurus RT ……… selama masa bakti ……… – ………, mencakup bidang pemerintahan, sosial kemasyarakatan, keamanan, kebersihan, sarana-prasarana, dan keuangan.


II. Program Kerja dan Realisasi

NoProgram KerjaStatus
1Pelaksanaan ronda malam✔ Terealisasi / ✘ Belum
2Kerja bakti lingkungan✔ Terealisasi / ✘ Belum
3Perbaikan lampu jalan / fasilitas✔ Terealisasi / ✘ Belum
4Kegiatan 17 Agustus✔ Terealisasi / ✘ Belum
5Bantuan sosial warga✔ Terealisasi / ✘ Belum
6Program lain✔ Terealisasi / ✘ Belum

(Bisa ditambah sesuai kebutuhan)


III. Bidang Kegiatan Selama Masa Bakti

  1. Bidang Kebersihan & Lingkungan
    Uraikan kegiatan: kerja bakti rutin, potong rumput taman, pembersihan selokan, dll.
  2. Bidang Keamanan & Ketertiban
    Contoh: pelaksanaan ronda, penanganan keamanan lingkungan, pemasangan lampu jalan.
  3. Bidang Sosial Kemasyarakatan
    Contoh: bantuan sosial, santunan warga, kegiatan hari besar nasional.
  4. Bidang Sarana & Prasarana
    Contoh: perbaikan portal, panggung, pos ronda, lapangan.

IV. Laporan Keuangan

A. Penerimaan

NoSumber DanaJumlah (Rp)
1Iuran WargaRp ………
2Sumbangan / DonasiRp ………
3Bantuan InstansiRp ………
4Lain-lainRp ………
Total PenerimaanRp ………

B. Pengeluaran

NoJenis PengeluaranJumlah (Rp)
1Kebersihan LingkunganRp ………
2Keamanan LingkunganRp ………
3Fasilitas UmumRp ………
4Kegiatan SosialRp ………
5Administrasi & OperasionalRp ………
6Lain-lainRp ………
Total PengeluaranRp ………

C. Saldo Akhir

Saldo Akhir Kas = Total Penerimaan – Total Pengeluaran = Rp ………

(Jika ada kas tersisa dapat diserahkan ke pengurus berikutnya dengan berita acara serah terima.)


V. Penutup

Demikian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus RT ……… periode ……… – ……… disampaikan.
Semoga laporan ini menjadi dasar evaluasi bersama demi peningkatan pelayanan, kemajuan, dan kesejahteraan warga RT ……… pada periode berikutnya.

………, …………… 20……

Ketua RT,

(…………………………)

Sekretaris,

(…………………………)

Bendahara,

(…………………………)